Pages

Minggu, 07 Oktober 2012

Proses Produksi Membatik Yogyakarta Hp:087839108499 / 087839014094

Proses membatik yang dilakukan oleh Kelompok Batik Tulis Sari Sumekar meliputi langkah sebagai berikut :
1.    Langkah pertama yang dilakukan yaitu membuat desain batik di atas kain mori dengan pensil atau biasanya disebut dengan “molani”. Dalam proses “molani” ini para pembatik biasanya menggambarkan motif yang telah dipesan oleh pelanggan atau sesuai dengan selera pembatik itu sendiri.
2.    Langkah kedua adalah menggunakan “canting” yang telah berisi lilin cair untuk melapisi motif yang telah di pola pada kain mori yang telah dibuat. Tujuannya adalah ketika proses pewarnaan bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena pewarna. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna.
3.    Proses terakhir adalah “nglorot”, di mana kain yang telah berubah warna direbus dengan air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah digambar terkena warna, karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur).
4.    Hasil Produksi
Produk yang dihasilkan oleh Kelompok Batik Tulis Sari Sumekar adalah lembaran batik tulis dengan motif khas Giriloyo dan motif lain sesuai dengan pesanan konsumen.