Pages

Jumat, 27 Juli 2012

Salah Satu Pelestariaan Batik Tulis Yogyakarta Hp:087839108499 / 087839014094

Saat ini batik telah menjadi identitas bangsa yang melekat pada masyarakat Indonesia atau dapat disebutkan pula bahwa batik telah menjadi “merk” bagi masyarakat Indonesia. Batik pun telah menarik perhatian baik masyarakat dalam negeri maupun wisatawan dari luar negeri. Tidak sedikit wisatawan luar negeri yang mengenakan batik.
Berawal dari kecintaan akan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang, masyarakat Indonesia  terus melestarikan budaya membatik. Seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di daerah Imogiri. Selain untuk mengukuhkan budaya warisan nenek moyang, secara tidak langsung membatik  telah banyak membantu perekonomian masyarakat kelas bawah yang berbasis UKM- kelompok.
Sari Sumekar merupakan salah satu kelompok batik tulis yang ada di desa Wukirsari, Imogiri, Bantul. Kegiatan membatik ini diwariskan secara turun temurun sehingga sebagian besar warga Wukirsari bisa membatik. Keistimewaan batik dari daerah ini adalah batik yang dihasilkan adalah batik tulis tangan, sehingga batik yang dihasilkan tersebut terlihat anggun dan elegan.