Pages

Jumat, 31 Agustus 2012

Batik Tulis Desa Wukirsari Yogyakarta Hp:087839108499 / 087839014094

   Pada perkembangan sekarang ini banyak berkembang trend batik. Dari batik jenis cap maupun batik tulis. Banyak orang mengenakan berbagai jenis batik tetapi mungkin banyak juga yang belum mengetahui bagaimana proses pembuatan batik itu. Di sini saya akan memberikan sedikit gambaran tentang batik tulis. Batik Tulis adalah kain mori yang dihias dengan teksture dan corak batik dengan menggunakan tangan. Kira-kira dalam pembuatan batik tulis memakan waktu sekitar 2 bulan sampai 3 bulan hal ini di karenakan pembuatan batik tulis melalui berbagai macam tahapan:
1. Langkah pertama yang dilakukan yaitu membuat desain batik di atas kain mori dengan pensil atau biasanya disebut dengan “molani”. Dalam proses “molani” ini para pembatik biasanya menggambarkan motif yang telah dipesan oleh pelanggan atau sesuai dengan selera pembatik itu sendiri.
2. Langkah kedua adalah menggunakan “canting” yang telah berisi lilin cair untuk melapisi motif yang telah di pola pada kain mori yang telah dibuat. Tujuannya adalah ketika proses pewarnaan bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena pewarna. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna.
3. Proses terakhir adalah “nglorot”, di mana kain yang telah berubah warna direbus dengan air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah digambar terkena warna, karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur).

Alat-Alat Yang digunakan dalam membatik : 

  •      Kain mori berbahan katun
  •      Canting 
  •     Gawangan (tempat untuk menggantung kain)
  •     Lilin (malam)
  •     Panci dan kompor kecil untuk memanaskan lilin (malam)
  •     dan larutan pewarna (untuk proses pewarnaan).
   Ini sedikit gambaran tentang batik tulis. Bagi yang ingin melihat dan mengcoba membuat batik tulis bisa langsung mengunjungi daerah Bantul dimana lebih tepatnya di desa wukirsari, imogiri, bantul. Di daerah ini merupakan sentra kerajinan batik tulis. Mungkin ini bisa menjadi alokasi buat mengisi dalam kegiatan liburan sembari melestarikan budaya yang kita miliki. 

"Cintailah budaya seperti mencintai diri sendiri"