Pages

Jumat, 23 November 2012

Pesona Desa Batik Wukirsari Yogyakarta Hp:087839108499 / 087839014094


Wukirsari adalah sebuah desa yang berada disebelah utara kompleks pemakaman Raja-raja (Raja-Raja Keraton Solo dan Jogjakarta. Untuk sampai ke sana tidaklah sulit. Ikuti saja arah jalan menuju kompleks Pemakaman Raja-raja, maka anda akan menemui papan petunjuk ke arah Wukirsari, bahkan untuk sampai kesana anda harus melewati desa tersebut. Jarak tempuhnya kurang lebih 15 Km ke arah selatan Terminal Bus kota Yogyakarta, melalui jalan ber aspal yang bisa memungkinkan untuk dilewati segala macam kendaraan.
Di Wukirsari ada tiga dusun yang merupakan Dusun Batik, yaitu Cengkehan, Giriloyo dan Karang Kulon. Ketiga dusun ini menjadi ciri khas dan pesona desa ini dengan keberadaan produksi batik yang senantiasa menciptakan batik tulis dalam beragam model. Yang menjadikan Batik Tulis Giriloyo menjadi sesuatu yang istiwewa adalah karena motif batik tulis giriloyo adalah warisan dari Kerajaan  Ngajogjokarto Hadiningrat yang dipelihara keasliannya secara turun-tumurun. Tidak sembarang motif melainkan, motif yang menyimpan filosofi yang dalam dan ketinggian makna  etika dan estetika seni Batik Tulis Giriloyo
Produk Wukirsari tersedia dalam berbagai motif dan warna, baik kontemporer maupun klasik. Pewarnaan juga bisa dilakukan dengan warna alami maupun sintetis, yang sudah tentu punya perbedaan dalam proses dan hasil. Produk-produk Wukirsari juga bisa dilakukan atas dasar pesanan sesuai dengan permintaan. Disamping itu batik tulis juga dikerjakan diatas kayu dengan berbagai bentuk, seperti topeng kayu dan souvenir kayu, Gelang, Hiasan DInding, dll. Produk-produk batik tersebut juga bisa dilihat di Pusat Balai Batik ( Gazebo ) milik ketiga dusun.
Selain batik tulis kain beberapa produk wisata juga bisa dijumpai di ketiga dusun, antara lain batik kayu, penyembuhan tradisional Gurah, makanan dan minuman tradisional,  jelajah desa, belajar membatik, Ziarah ke Makam raja-raja Keraton Solo dan Jogjakarta, dan juga Makan Sultan Cirebon. Wisata Batik dan Belajar membatik akan dipandu oleh pebatik tradisional. Nikmati suguhan Pecel Kembang Turi, Thiwul dan wedang uwuh  dapat dinikmati dalam wisata kuliner desa. Wisata desa ditengah hijaunya alam, ziarah pemakaman Giriloyo dan menikmati suasana desa dalam jelajah desa.